Rasi Bintang Pisces, Sepasang Ikan Di Langit Selatan

RUANGANGKASA.COM – Rasi bintang pisces merupakan rasi bintang zodiak yang berada diantara Aquarius di sebelah barat dan Aries di sebelah timur. Pisces juga merupakan lambang astrologi ke-12 dalam sebuah zodiak, yang berasal dari Konstelasi Picses.  Rasi bintang ini berbentuk seperti dua ekor ikan yang berenang ke arah berlawanan.

Terima kasih telah membaca artikel ini, jangan lupa untuk berlangganan artikel!

Persatuan Astronomi Internasional (IAIU) menyatakan bahwa Matahari akan berada di rasi bintang Pisces mulai tanggal 12 Maret sampai 19 April. Namun rentang waktu orang yang berzodiak Pisces menurut ilmu astrologi adalah dari tanggal 19 Februari sampai 20 Maret.

Mengamati Rasi Bintang Picses

letak_rasi_bintang_pisces
Letak Rasi Bintang Pisces.

Cara mengamati rasi bintang Picses Anda dapat melihat ke langit bagian selatan pada malam hari, rasi bintang ini terletak di sebelah barat Aquarius dan di sebelah timur ada Aries, di sebelah selatan ada rasi Pegasus dan Andtomeda, sementara di sebelah utara ada rasi Cetus dan di sebelah tenggara ada rasi Triangulum. Agar lebih jelas dalam melakukan pengamatan, lakukan langkah langkah berikut ini:

  1. Temukan Lokasi yang Jauh dari Cahaya Kota: Pisces akan terlihat lebih jelas di langit yang gelap, jauh dari polusi cahaya kota.
  2. Tentukan Waktu yang Tepat: Perhatikan waktu ketika Pisces berada di puncaknya di langit malam. Hal ini akan berbeda tergantung pada musimnya.
  3. Gunakan Bantuan Pencarian Bintang: Aplikasi atau peta langit dapat membantu Anda mengidentifikasi posisi Pisces dan objek-objek langit di dalamnya.
  4. Bawa Peralatan Tambahan: Jika Anda ingin mengamati objek-objek langit dalam Pisces, bawa teleskop atau binokular untuk pengalaman yang lebih mendalam.

Baca juga: Sejarah Penetapan 88 Rasi Bintang di Langit

Jumlah Bintang Picses

Rasi bintang Pisces memiliki total 86 bintang, termasuk di dalamnya ada 13 bintang yang memiliki planet sendiri. Bintang yang paling terang di rasi ini adalah Eta Piscium atau yang biasa disebut sebagai bintang Alpherg atau bintang Kullat-Nunu.

Objek Langit Menarik dalam Rasi Bintang Pisces

Rasi bintang Pisces juga menawarkan beberapa objek langit menarik yang dapat diamati oleh para astronom dan pecinta langit malam. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Messier 74 (M74) – Galaksi Spiral

Messier 74 adalah salah satu galaksi spiral yang terletak di Pisces. Ini adalah salah satu galaksi spiral paling menarik dalam katalog Messier. Galaksi ini ditemukan oleh Charles Messier pada tahun 1780 dan terletak sekitar 32 juta tahun cahaya dari Bumi. M74 adalah tempat lahir bintang-bintang baru dan menawarkan pemandangan yang spektakuler melalui teleskop.

2. 41 Piscium – Bintang Ganda

41 Piscium adalah bintang ganda yang terletak di Pisces. Ini terdiri dari dua bintang yang berputar satu sama lain. Bintang ini terlihat cukup terang dan dapat diamati dengan mudah menggunakan teleskop kecil atau bahkan dengan mata telanjang di langit yang sangat gelap.

3. Bintang Fomalhaut – Bintang Terang dalam Akuarius

Meskipun terletak di Pisces, bintang Fomalhaut yang terang adalah bagian dari rasi Akuarius. Ini adalah salah satu bintang terdekat yang memiliki disk debu mengelilinginya. Disk ini dapat menjadi tempat lahir planet baru.

Baca juga: Perbedaan Rasi Bintang dan Gugus Bintang

4. Asterisme “Cincin Pisces”

Sebuah asterisme adalah sebuah pola bintang yang tidak cukup besar untuk disebut sebagai konstelasi. Di Pisces, ada sebuah asterisme yang dikenal sebagai “Cincin Pisces” karena polanya yang melingkar yang terlihat seperti cincin. Ini terdiri dari beberapa bintang yang membentuk bentuk bundar ketika diamati.

5. Planet-planet Penghuni Pisces

Selain objek langit dalam, Pisces juga merupakan tempat transit atau pergerakan planet-planet dalam Tata Surya kita. Planet-planet seperti Mars, Jupiter, dan Saturnus kadang-kadang terlihat melewati Pisces dalam gerakan mereka di langit malam.

Pisces dalam Mitologi

pisces ilustrasi
Ilustrasi Mitologi Pisces. Kredit Sidney Hall

Simbol dari Pisces adalah dua ikan yang berenang berlawanan arah. Kedua ikan itu pernah berjasa pada Dewi Cinta dan Kecantikan Aphrodite dan Eros. Ketika itu Typhon (monster paling besar dan paling mengerikan) mendeklarasikan peperangan kepada semua Dewa Olympus. Seluruh Dewa menyamarkan diri untuk menyerang Typhon. Dewi Cinta dan Kecantikan Aphrodite dan Eros, anaknya, menyelam ke kedalaman laut dan mengambil 2 ekor ikan.

Baca juga: Cara Mengetahui Posisi Rasi Bintang di Langit

Typhon berhasil dikalahkan. Semua dewa kembali ke bentuk asalnya. Aphrodite dan anaknya merasa berterima kasih atas ikan yang sudah meminjamkan bentuk mereka. Ia lalu memberikan tempat kepada ikan di rasi bintang sebagai zodiak Pisces, zodiak terakhir dalam mitologi Zodiak Yunani.

Rasi Bintang Pisces adalah bagian yang menarik dari langit malam yang menawarkan objek-objek langit menarik yang dapat kita amati. Jangan lupa sebelum melakukan pengamatan, lakukan langkah langkah diatas agar lebih maksimal hasil pengamatan yang dilakukan, semoga berhasil.

 

Artikel Menarik Lainnya

LANGGANAN ARTIKEL

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini