Apa itu Asteroid? dan Bagaimana Sejarah Penemuannya?

Ruangangkasa.comAsteroid adalah objek langit kecil yang mengorbit matahari di antara orbit Mars dan Jupiter. Mereka terdiri dari bebatuan, logam, dan es, dan ukurannya bervariasi dari beberapa meter hingga ratusan kilometer. Berikut adalah sejarah asteroid dan bagaimana mereka ditemukan:

Terima kasih telah membaca artikel ini, jangan lupa untuk berlangganan artikel!

Pada tahun 1801, seorang astronom Italia bernama Giuseppe Piazzi menemukan objek langit baru yang mengorbit matahari di antara orbit Mars dan Jupiter. Objek ini dinamai Ceres, dan awalnya dianggap sebagai planet baru. Namun, setelah penemuan objek serupa lainnya, mereka akhirnya dikelompokkan sebagai “planet minor” atau “asteroid.”

Setelah Ceres, banyak asteroid lainnya ditemukan, seperti Vesta, Pallas, dan Hygiea. Pada awalnya, mereka ditemukan dengan menggunakan teleskop yang relatif sederhana dan terbatas. Namun, semakin berkembangnya teknologi, para astronom dapat mengidentifikasi asteroid yang lebih kecil dan menghitung orbit mereka dengan lebih akurat.

a close up view of a rock formation
Photo by Viktor Talashuk

Tahun 1898, penemuan asteroid Eros memberikan kesempatan untuk menguji teori gravitasi Albert Einstein. Eros memiliki orbit yang sangat dekat dengan bumi, sehingga bisa diamati dengan sangat rinci oleh para astronom. Observasi ini membuktikan bahwa gravitasi tidak terbatas pada tiga dimensi, melainkan juga memengaruhi waktu.

Baca juga: Cara Mengamati Hujan Meteor

Selama beberapa dekade terakhir, para ilmuwan telah belajar banyak tentang asteroid melalui misi robotik yang telah dikirim ke angkasa. Misi-misi ini termasuk NEAR Shoemaker, yang mendarat di permukaan asteroid Eros pada tahun 2001, dan misi Dawn, yang mengunjungi asteroid Ceres dan Vesta pada tahun 2011 dan 2015.

Studi terbaru mengungkapkan bahwa asteroid dapat membawa air dan bahan organik ke bumi, yang berkontribusi pada pembentukan kehidupan di planet kita. Mereka juga menjadi target penjelajahan luar angkasa yang menjanjikan, karena mereka dapat memberikan informasi tentang sejarah awal tata surya kita dan memungkinkan manusia untuk mengumpulkan sumber daya di angkasa.

Asteroid memiliki sejarah yang panjang dan menarik, dari penemuan pertama oleh Giuseppe Piazzi hingga misi robotik yang membuka wawasan baru tentang asal-usul tata surya dan potensi eksplorasi luar angkasa. Karena perannya yang penting dalam sejarah dan eksplorasi tata surya kita, asteroid tetap menjadi objek penelitian penting di bidang astronomi dan eksplorasi luar angkasa hingga sekarang.

Artikel Menarik Lainnya

LANGGANAN ARTIKEL

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini