Perkiraan waktu membaca artikel ini: 5 minutes

RUANGANGKASA.COM – Melakukan pengamatan terhadap benda-benda langit di luar angkasa dan berbagai peristiwa astronomi tentu membutuhkan teleskop bintang. Tanpa adanya teleskop bintang kita akan sulit dalam melakukan pengamatan, meski di beberapa kondisi dapat melihat peristiwa astronomi dengan mata telanjang, namun meski begitu belumlah maksimal hasil pengamatan yang kita lakukan.

Menggunakan teleskop bintang dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menarik bagi siapa saja. Tentu sebelum memutuskan untuk membeli teleskop bintang ada hal yang harus dipahami.  Ketika memilih teleskop bintang untuk pemula, ada tiga pertimbangan yang cukup penting. Ada beberapa dasar-dasar untuk diperhitungkan sebelum Anda membeli teleskop:

Aperture

Apeture adalah fitur teleskop yang paling penting. Ukuran aperture dapat mengontrol jumlah cahaya yang bisa ditangkap teleskop. Perlu diketahui fungsi teleskop bukanlah mengamati benda langit lebih dekat, tapi mengumpulkan cahaya lebih banyak. Aperture yang besar berarti benda langit yang kita lihat juga lebih jelas. Tapi, semakin besar aperture, semakin besar diameter teleskop.

Jenis reflektor atau refraktor

Setidaknya ada dua jenis teleskop yang cocok untuk pemula. Teleskop reflektor hanya memungkinkan untuk melihat langit sementara teleskop refraktor bisa digunakan untuk melihat pemandangan di Bumi dan juga di langit. Kembali ke Anda lebih menginginkan yang mana.

Magnifikasi atau Pembesaran

Magnifikasi atau pembesaran ditentukan oleh lensa teleskop. Makin tinggi pembesaran makin bagus, tetapi nilai pembesaran ini tergantung pada aperture. Sebuah lensa pembesaran yang tinggi akan memiliki aperture yang rendah. Untuk melihat Saturnus, dibutuhkan setidaknya pembesaran 70x.

Nah, itu dia tiga pertimbangan bagi Anda yang ingin membeli sebuah teleskop bintang. Pastikan juga teleskop bintang yang Anda beli sudah termasuk aksesoris seperti tripod, tas jinjing, dan perangkat lunak astronomi sebagai penunjang pengamatan langit malam. Berikut juga kami rangkum 8 teleskop bintang yang dapat Anda beli:

1. Orion GoScope II 70mm Refraktor

Orion GoScope II 70mm Refraktor
Orion GoScope II 70mm Refraktor. Kredit gambar Orion.

Teleskop Orion GoScope II 70mm refraktor adalah teleskop besar untuk astronom pemula. Harga teleskop ini relatif murah, terbuat dari bahan yang ringan, dan dilengkapi dengan tripod, peta buan, dan ransel yang dapat digunakan untuk membawa teleskop dan aksesorisnya ke mana saja. Teleskop ini memiliki magnifikasi maksimal hingga 83x. Perkiraan harga: Rp3.000.000,00.

2. Celestron 21035 70mm Refraktor

Celestron 21035 70mm Refraktor
Celestron 21035 70mm Refraktor. Kredit Celestron.

Mirip dengan teleskop Orion di atas, teleskop Celestron 21035 70mm ini sudah termasuk tripod, aksesoris dan tas ransel. Teleskop Celestron yang satu ini juga dilengkapi dengan perangkat lunak astronomi dengan database 10.000 objek, peta langit dan harganya relatif murah. Teleskop ini memiliki magnifikasi maksimal 40x. Perkiraan harga: Rp1.500.000,00.

3. Meade Infinity 60 AZ Refraktor

Meade Infinity 60 AZ Refraktor
Meade Infinity 60 AZ Refraktor. Kredit gambar: Meade

Teleskop Meade 209002 Infinity 60 AZ refraktor memiliki dua eyepiece yang memiliki magnifikasi berbeda namun sama-sama bisa digunakan untuk melihat benda-benda di darat dan di luar angkasa. Teleskop untuk pemula yang satu ini memiliki mounting Altazimuth dengan batang kendali gerak untuk melacak benda-benda langit saat bergerak melintasi langit malam. Perkiraan harga: Rp1.000.000,00.

4. Celestron Cosmos 60AZ Refraktor

Celestron Cosmos 60AZ Refraktor
Celestron Cosmos 60AZ Refraktor. Kredit Celestron

Ini adalah sebuah teleskop level pemula dengan desain yang keren, teleskop Celestron Cosmos 60AZ adalah teleskop refraktor, sehingga dapat digunakan untuk melihat pemandangan di darat dan di luar angkasa. Teleskop ini dilengkapi dengan finderscope yang unik, 2 eyepiece Kellner, cermin diagonal, serta aplikasi planetarium gratis. Magnifikasi maksimal teleskop ini adalah 70x. Perkiraan harga: Rp2.500.000,00.

5.  Celestron AstroMaster 70AZ Refraktor

Celestron AstroMaster 70AZ Refraktor
Celestron AstroMaster 70AZ Refraktor. Kredit gambar Celestron

Teleskop Celestron AstroMaster 70AZ merupakan teleskop refraktor yang didesain untuk para pemula yang ingin mengamati luar angkasa dengan tidak mengocek kantong terlalu dalam. Teleskop ini memberikan gambar yang jelas dari Bulan, planet-planet, serta beberapa nebula dekat Bumi. Teleskop ini sudah dilengkapi tripod, filter Bulan, dan aplikasi planetarium gratis. Magnifikasi maksimalnya adalah 90x. Perkiraan harga: Rp2.800.000,00.

6. Celestron PowerSeeker 70AZ Refraktor

Celestron PowerSeeker 70AZ Refraktor
Celestron PowerSeeker 70AZ Refraktor. Kredit gambar Celestron

Seri Celestron PowerSeeker 70AZ dirancang untuk memberikan para pemula mendapatkan kombinasi sempurna dari kualitas, fitur dan kekuatan pengamatan. Sayangnya, harganya relatif lebih mahal. Teleskop ini memiliki desain portabel tetapi memiliki kinerja optik yang cukup baik untuk membangkitkan semangat para astronom amatir untuk semakin menyukai astronomi. Magnifikasi maksimal teleskop ini adalah 225x. Perkiraan harga: Rp3.000.000,00.

7. Orion StarBlast 90AZ Refraktor

Orion StarBlast 90AZ Refraktor
Orion StarBlast 90AZ Refraktor. Kredit gambar Orion

Dibandingkan dengan enam teleskop di atas, Orion StarBlast 90AZ Refraktor ini sedikit lebih mahal harganya, tetapi jauh lebih kuat untuk pengamatan. Teleskop ini sangat kokoh tapi tetap ringan, sehingga cocok untuk dibawa pada perjalanan jauh. Teleskop ini memiliki optik yang sebenarnya diperuntukan bagi yang sudah berpengalaman, tapi masih cukup sederhana untuk pemula. Magnifikasi maksimalnya 213x. Perkiraan harga: Rp3.500.000,00.

8. Celestron 21023 Cometron FirstScope

Celestron 21023 Cometron FirstScope
Celestron 21023 Cometron FirstScope. Kredit gambar Celestron

Teleskop Celestron 21023 Cometron FirstScope adalah pilihan yang tidak terlalu mahal untuk pemula. Teleskop ini sangat ringan, tidak memakan ruang penyimpanan yang besar, dan mudah digunakan. Teleskop ini dapat memberikan pemandangan tajam pada komet dan benda-benda langit lainnya, serta bisa digunakan untuk melihat perbukitan dan kawah di Bulan dengan detail yang tajam. Magnifikasi maksimalnya adalah 180x. Perkiraan harga: Rp3.000.000,00.

Itulah 8 teleskop bintang yang cocok bagi pemula atau yang ingin melakukan pengamatan terhadap benda-benda langit. Harga yang tertera di atas hanya perkiraan harga pasar saja, bisa saja lebih mahal atau lebih murah. Yang penting diketahui adalah: harga menentukan kualitas. Jadi, pilihlah teleskop sesuai dengan budget dan kebutuhanmu. Selamat mengamati bintang!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini